contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Jumat, 23 April 2010



Perhatian : Artikel ini DIBUAT JAUH SEBELUM CHAPTER 3D2Y yang berisi tentang penjelasan Jenis-Jenis Haki oleh Rayleigh ada.. Jadi harap dimaklumi kalau ada pertentangan dalam artikel ini, terima kasih. :D

Oke.. here I go again.
Haki telah Q jelaskan kapan saja munculnya di artikel ini..
Selanjutnya mau q jelaskan teoriQ tentang fungsi haki..
Dibagi dua. Yaitu fungsi dasar dan fungsi khusus.
Fungi dasar artinya siapapun pengguna haki dan apapun jenis hakinya bisa melakukan fungsi ini. Ada dua Fungsi dasar yaitu :
Dialirkan ke anggota tubuh, anggota tubuh yang dialiri jaki akan
  1. Bisa menetralkan DF users di bagian yang bersentuhan.
  2. Memiliki damage serangan lebih besar daripada tanpa haki.
  3. Jika dialirkan ke bagian tubuh yang lemah (ex rambut), bisa menjadikannya keras. (contohnya hanya rambut sandersonia)
Klik Gambar untuk lebih besar

Dialirkan ke sebuah media, media tersebut akan
  1. Bisa menetralkan DF ability di bagian yang bersentuhan
  2. Memiliki resistansi (daya tahan) terhadap daya rusak luar (ex lava)
  3. Jika media itu lunak atau tidak solid, bisa menjadi Kuat seperti baja. (ex Ular yang melilit Luffy di arena, pistol Kiss Hancock, tongkat ular Nyon)
Klik Gambar untuk lebih besar

Fungsi Khusus adalah fungsi haki yang bisa digunakan jenis haki golongan tertentu saja.
Haoushoku Haki (Great King)
Merupakan Haki yang berdiri di atas yang lain. Q analisakan jika antar haki bentrok, Haoushoku akan menang dengan mudah. Selain dua fungsi dasar di atas, Haki jenis ini bisa digunakan untuk mengintimidasi lawan, dan bagi yang “mentalnya lemah” bakal pingsan.

Haki yang disebut Mantra
Lebih populer di Pulau Langit. Q kategorikan Mantra sebagai salah satu jenis Haki. Fungsi khususnya (selain dua fungsi dasar di atas) adalah mendengarkan suara di suatu wilayah, dan dengan kemampuan itu bisa memprediksi serangan seseorang.

Lalu akan muncul pertanyaan
“kenapa Enel dan 4 pendetanya justru tidak bisa melakukan 2 fungsi Dasar haki? Padahal fungsi Khususnya yang membaca serangan dan mendengarkan suara bisa?”
Saya bahas panjang lebar di forum.opfci.com (gabung dong para pengunjung) dengan Bung Irsa, dan kelihatannya melihat kesimpulan Enel dan kawan-kawan yang berada di Skypiea tidak begitu paham benar dengan kekuatan yang mereka miliki (karena letak geografis dan kurangnya Informasi). Sehingga tidak tahu bahwa Haki (yang mereka sebut Mantra) sebenarnya bisa menetralkan DF users dan dialirkan ke sebuah senjata. :D
Haki “pemental serangan”
Aku menyadari adanya haki ini karena kata-kata Marygold ke Luffy. “tidak berguna, kau lihatkan Aq bisa mementalkan seranganmu barusan?” dan melihat kesamaan gerakan Marygold dan Sentoumaru.
Dan ini, Credit untuk Bung Tumesira yang mengingatkanQ.. :D

3 ADMIRAL punya Haki Sejenis dengan Marygold dan Sentoumaru!

Di anime Zoro membuat seorang bandit (bounty hunters?) menjadi gila dengan kekuatan mental. Itu sebuah jenis haki yang lain? :D siapa tahu. Tapi aq tidak mau memasukkan anime dulu.
Bagaimana menurut kalian?

42

42 komentar:

  • Anonim on 24 April 2010 pukul 00.28

    tnya donk ad beberapa pertanyaan nich :

    1.pas volume/cptr/eps brp zoro bkin seorang bounty hunters jd gila????

    2.tau ga gmn carany marshall d teach ngedapetin buah gura2 no mi edward newgate?????

    3.knpa d poster bounty strawhate crew hnya sanji aj yg posterny pke sketsa,,,ga mnkin kn klo sang pemotret lupa mmbuka tutup lensany,,klo kjadianny kya gtu shusny ad beberapa anggota strawhat crew yg posterny pke sketsa bknny foto,,,

    thx,,,slam Newgate

  • IryuU on 24 April 2010 pukul 04.50

    wah keren2, teruskan prediksi n penelitiannya bung tony

    @anonim, yang point 3, si juru poto sendiri yang bilang kalo dia lupa membuka tutup lensanya..mungkin dibalik itu sensei oda punya "surprise"

  • Tonyohoho on 24 April 2010 pukul 22.57

    1. Q bilang itu anime.. :D volume berapa Lupa.. yg jlas saat dia mau ke Grove1 sabaody archipelago.. krna mengira grove 1 itu tmpat sunny

    2. Wah, kalau itu sya jga tdk tahu.. :(

    3. Thanx tu bung iryuu.. :D

  • tumesira on 25 April 2010 pukul 05.02

    Haki masih gak jelas sih. Walau rada gak setuju ama pengkategoriannya ama pernyataan Haki bisa disalurkan ke makhluk hidup, angkat jempol buat anda yang sudah membuat daftarnya.
    Rayleigh juga menggunakan mantra saat auction dengam membaca pikiran orang2 untuk mengetahui apa yang terjadi saat itu. Roger membaca segala hal, jadi mungkin berbeda dari mantra biasa. Mantranya Enel, Aisa, Coby juga agak berbeda dari yang biasa.
    terus tambahan buat mentalin serangan, 3 Admiral juga menggunakan ini buat nahan serangan Guraguranya Shirohige.

  • Tonyohoho on 25 April 2010 pukul 20.15

    IMO..
    kasus Ray dia tdk mmbaca pikiran apapun.. :D yg dia lihat cuma memandang sekitar dan menganalisa.. (INGAT! yg dia lihat adalah Tenryuu yg terpukul, Luffy cs yg menghadapu para penjaga, Hatchan yg tertembak, chaimie yg dikurung).. Kalo Aq tdk perlu mmbaca pikiran sdh bsa mmbayangkan kejadian yg sbnarnya...

    Roger, bkan membaca sih sbnarnya.. Mendengarkan.. Konteksnya agak berbeda Qrasa.. Tapi istilah "SUARA" dipulau langit mbghubungkanQ dgn "mendengarkan". Ingat Suara itu didengarkan, bkan dibaca..

    Cuma Enel yg berbeda, dia bsa mendengar percakapan orang lain.. Sdangkan 4pendeta dan aisa sekedar mendengar suara JIWA..

    Untuk 3 admiral.. THANX A LOT~!! haha... AKHIRNYA TERJAWAB!! THANX banget Bung! akan segera Qtambahkan!

  • Anonim on 5 September 2010 pukul 16.58

    mau nambahin,,
    sekarang kan uda dijelasin sama oda,,
    harusnya artikel ini di update

  • Tonyohoho on 5 September 2010 pukul 19.58

    nnti artikel baru deh bung.. soalnya artikel ini ada kata "teori" nya.. :D

  • G1L4NG on 6 November 2010 pukul 02.32

    mau tanya nih bkannya yang pnya haki aura pelindung dan haki aura pengamatan itu ada banyak contoh rayleigh, shanks dan luffy????

  • Tonyohoho on 20 November 2010 pukul 05.00

    yup... sbnarnya artikel ini jauh dibuat sblum Ray mnjelaskan tentang Busou dan Kenbun bung... klhatannya sya mmang hrus mmbuat artikel penyempurnaan lainnya.. maafkan saya.. -__-

  • Anonim on 24 November 2010 pukul 03.04

    mau tanya aku ,, tntang haki grup strawhat..
    aku percaya dan brharap semua klompok grup strawhat,, pling tidak yang skarang adalah pengguna haki ..!!
    bagaimana mnurut anda ?????
    yooosshh

  • Tonyohoho on 24 November 2010 pukul 03.21

    Nah... sya kurang stju,, pertama HAKI tdk sepasaran itu. -__- kdua upgrade luffy kan sjauh qta lihat fokus ke HAKI... kalau yg lain ikut, kan kasian luffy...

    kalaupun bkalan ada member yg bsa haki, aq akan mmvoting untuk Zoro dan Sanji (mungkin tambah Usopp).. kalau smw, sya pribadi tdk setuju. :D mereka punya teknik bertarung masing2...

  • Anonim on 3 Desember 2010 pukul 09.23

    -Sogeking-

    Klo q sih berharap sanji bisa jrus soru,geppou & rankyaku..cz berhubungan dg kaki plus bisa menggunakan haki agar bisa mnendang pmkan buah stan tipe logia skalipun,klo zoro mgkin dg mmakai pdang yg trbuat dr batu laut...($)

  • Tonyohoho on 3 Desember 2010 pukul 16.13

    hmm.. Geppou itu artinya "MOON WALK"... dan takhnik terbaru Sanji di dalam laut kmrin adalah "BLUE WALK"... hmpir mirip. :D

    kalau Zoro dan pedang batu laut... Aq merasa hal ini sngat tdk Fair... Jutte smoker sja "CUMA" ujungnya yg ada tambahan batu laut, tdk keseluruhan... Pedang dri batu laut sngat susah dbuat krna material ini sngat keras... sjauh ini batu laut hnya dbuat untuk peluru, jaring dan borgol... (plus Jutte smoker).. hmpir smw dmiliki MARINE... '

    knpa q bilang curang?? krna tanpa pedang batu laut brrti zoro tdk akan bsa apa2 mlawan Logia users? drpda pedang yg merepotkan sprti itu dan malah mngurangi kmmpuan pemiliknya, aq lbh mmprediksi Zoro punya teknik untuk mnyerang logia drpda pedang batu laut...


    (pedang batu laut sndiri santer beredar stlah snjata smoker muncul... sjak itu fans sngat ingin zoro punya pdang batu laut. LOL)

  • Choirul Anwar Satria Yudha on 4 Desember 2010 pukul 19.00

    Lalu di crita OP chapter 579 ktika trjdi prang,wktu Shanks dtang trlihat Ben Beckman mndongkan pstol ke kizaru..apkah itu brarti dia mmpunyai pluru yg trbuat dr btu laut?trus apa pdang htam mihawk bs mnebas Logia user?

  • Tonyohoho on 5 Desember 2010 pukul 23.12

    anda tahu "Haki" bukan?? :D haki bsa dialirkan k berbagai benda.. kalau peluru beckman dialiri haki busou, kizaru akan kena telak..

    kalau kokutou yoru punya mihawk sjauh ini tdk ada indikasi bsa menebas logia

  • Anonim on 27 Desember 2010 pukul 21.24

    bisa saja bukan kokutou yoru nya yg bisa menebas logia..tapi sebagai pendekar pedang nomer 1 ..mihawk punya teknik tersendiri yang bisa digunakan buat ngelawan logia...trus d ajarin deh ke zoro (berharap sih,hihihi)*pedang merupakan perpanjangan dari tubuh pembawanya (kata2nya siapa ya..lupa tapi pernah baca)

    salam ^^ OP lovers

  • Tonyohoho on 31 Desember 2010 pukul 00.09

    yah teknik itu hmpir pasti ya Haki.. =_= logia tdk akan bgitu superior klau cara mlawannya sngat bnyak bukan?

  • Anonim on 13 Januari 2011 pukul 10.28

    hmm, maaf agak sok tau, tapi menurut saya, kategorisasi haki itu udah jelas dijelasin sama rayleigh pas ngajarin luffy..
    kan ada 3 tuh, presence, armor, & intimidation..
    nah yg mantra itu termasuk presence, itu level paling bawahnya haki menurut saya, nah yg kedua armor, armor ini bisa ke bagian tubuh pengguna maupun alat bantu, pedang, pistol, dkk.. termasuk si Sandersonia, yg bisa nahan tendangan luffy san sentomaru itu pake armor..
    nah yg terakhir itu intimidation, dan cuma ada bbrapa org yg punya, yg udah ketahuan, shanks, shirohige, luffy, dan hancock..
    kalo ga salah masing2 beda juga.. (kalo ga salah ya)
    nah jd kategorisasinya gak ribet kayak di atas..
    maaf kalo sok tau..

    salam fans berat one piece

  • Tonyohoho on 13 Januari 2011 pukul 21.40

    bang skali lgi.. XD ni artikel jauh sblm chapter 3D2Y dmana ray menjelaskan tntang Haki dkluarkan... lhat mei 2010.. XD

  • Anonim on 14 Januari 2011 pukul 22.11

    emg shirohige bs ngeluarin haki intimidasi?klo bs kok pas ace mw dieksekusi dy g make tuh kaki,mlah luffy yg make mski g bs ngntrol...lalu apakah jozu jg punya haki?kok bs memukul crocodile...pdhl crocodile kan logia pasir...bgtu jg dg kapten divisi 5 vista dan yg lain,mnurutq g bgtu seru cz pgguna haki trlalu byk,khsusnya haki armor

  • Tonyohoho on 15 Januari 2011 pukul 04.16

    kondisinya tdk mmungkinkn untuk mngeluarkan letusan Haoh sprti itu bung, :D kan saat itu dia mau mlakukan ssuatu tpi kondisi tubuhnya bermasalh..

    plus Joz hampir d pastikan punya busoushoku krna tlah mmukul Aokiji dan Croc... Vista dan marco jga.. ntah yg lainnya. ttap msh sdkit bukan?? apalagi fakta sluruh Vice Admiral k atas bsa HAKI... :D

  • Anonim on 17 Januari 2011 pukul 17.42

    oh..bgtu,1 lg bung...lalu pas marco n vista mmkai haki utk mnendang n mnbas akainu(waktu ace mw dpkul akainu),pundak akainu kok g brdrah y...pdhl mreka punya haki tp kok g mempan..trus klo trio admiral bs haki,jd mreka mggbungkan haki mreka dg logia magma,es dan chya yg mreka mliki dunk?arigato....

  • Shalahuddin on 18 Januari 2011 pukul 08.09

    @Anonim: kalo masalah itu tergantung orangnya bung.. :D
    haki itu jika semakin dilatih maka semakin kuat hakinya. nah disinilah alasan kenapa Vista cuma bsa menebas saja tanpa melukai karena haki Akainu lebih kuat. kalo misalnya hakinya vista lebih kuat atau seimbang mungkin bisa melukai..

    kalo kurang jelas coba masuk forum OP saja, disana banyak yang menjelaskan lebih detail.

  • Anonim on 18 Januari 2011 pukul 22.22

    Ow...y y bru pham q,klo prtnyaan q yg kdua gmn?jd pra admiral itu mggbungkan haki dg kekuatan logianya?

  • Shalahuddin on 19 Januari 2011 pukul 07.11

    bukan2. semua orang bisa menggunakan haki asal dia mau mengembangkan. tidak perlu punya kekuatan dari buah iblis.. -,-

    maksud anda waktu mereka gabungin haki mereka di MF?

    kekuatan buah iblis sma haki itu suatu hal yang beda tapi bisa disatukan.
    contoh yang saya tahu waktu Luffy mukul Kraken d perjalan k FI.

  • Tonyohoho on 23 Januari 2011 pukul 05.14

    Ngga bung.. :D tahukan Busou itu sprti perisai tdk terlihat?? nah Trio Admirl saat itu berdiri sejajar mnggabungkan haki busou mereka mmbuat perisai raksasa tak trlihat untuk mnahan serangan GURA GURA.. LOL

    :D klau lbh sederhana bsa dkatakan "semua orang punya Haki, tapi untuk menggunakannya perlu latihan dan pengalaman"

  • Shalahuddin on 23 Januari 2011 pukul 16.56

    Ngga bung? yg nggak apanya ya? :D

    o.Oa

  • Tonyohoho on 23 Januari 2011 pukul 17.33

    oh "ngga bung" itu untuk bung anonim. :D

  • Shalahuddin on 24 Januari 2011 pukul 16.48

    -,-
    biasanya pake nama, skrg koq nggak.. jadi bingung itu jawab sapa.. hehe.

  • roronoalaw on 3 April 2011 pukul 08.31

    itu yg luffy di mariejoa saat ace mau di eksekusi lalu luffy teriak dan dua pemenggal pun pingsan

    sama waktu di pulau wanita .. saat menegor marigold dan sandersonia agar menurunkan batu teman2nya

  • Edo Anti-police on 16 Juni 2011 pukul 14.02

    Haki itu yang buat hidupin lampu di mobil kan..??
    HAKI GS ASTRA..??

  • Anonim on 6 Juli 2011 pukul 11.26

    Lanang

    Akhirnya da yang setuju kalo zorro juga punya haki.

  • http://hakionepiece.blogspot.com on 18 Juli 2011 pukul 08.41

    waw,keren abis nih blog,semua konten nya bermutu..
    ijin copas y bung tony....?




    http://hakionepiece.blogspot.com

  • op mania on 9 Oktober 2011 pukul 22.28

    menurut q zoro akan mempunyai pedang yang terbuat dari batu laut yang bisa memotong logia user dan haki. liat di blog bocoran ending one piece (pernyataan asisten oda)meskipun tidak 100 % benar cz bisa di edit oleh oda sebagai pengarang.

  • Anonim on 27 Oktober 2011 pukul 03.41

    ane baru tau tuh hehehehehe

  • Anonim on 21 Desember 2011 pukul 20.40

    ane jugag.....

  • Anonim on 5 Januari 2012 pukul 17.38

    ffffffffff

  • Anonim on 24 Februari 2012 pukul 01.31

    penggemar one piece jg y???
    salam kenal aja ya.......

  • futho on 13 September 2012 pukul 01.35

    mw tx. hehehe
    wktu shirohige vs aokiji, aokiji sempat tertusuk sama shirohige pake tongkat pedang.x tentunya pake haki tp knapa aokiji tdak mempan????

    yosh.....

  • Anonim on 1 November 2012 pukul 00.23

    menurut saya,wktu WB nusuk dgn tombaknya,aokiji sudah ngaktifin haki perlindungan lebih dulu,oleh karenanya ada bulatan yg beputar disekitar tusukkan tombaknya mngkin haki perlindungan pengguna logia es sperti itu (cth beda sma luffy'harderned armament") n kmungkinan beda jga dgn DF lainnya,trus pas sbelum aokiji menggunakan haki perlindungannya buat nyerang balik ke sirohige,aokiji terlebih dlu membekukan tombaknya untuk ngentikan aliran haki nya'sirohige,,oleh karena itu knpa aokiji bisa sampai berdarah diserang oleh jozu sdgkan srngan marco tdak ada efek apa2,krena saat itu bushou no haki nya aokiji digunakan untuk menyerang WB'bukan untuk pertahanannya,karena menurut saya perthanan tdk bisa dgunakan bersamaan dgn serangan dlm bushou no haki,,just argument,saya hnya seorang newbie maaf klo ad yg salah sblumnya

  • Anonim on 17 November 2012 pukul 22.10

    saya mau tanya singkatan dan pengertian DF itu apa ?

  • Posting Komentar

    CHECK JUGA! 10 ARTIKEL FAVORIT BULAN INI

    AQ MEMBUAT BLOG INI HANYA AGAR KALIAN LEBIH MENCINTAI ONE PIECE

    Tentang Penulis

    Foto saya
    Blogger manga/comic iseng. Komikus seadanya. Ilustrator amatiran. Pesuruh di sebuah Perusahaan BUMN.

    7 Post Terbaru

    Artikel Unik

    Komentar Terakhir