contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Senin, 06 Desember 2010

Tulisan dan Teori ini bukan punya saya. Murni milik Bung Fusyana Member OPFCI Source : klik 
Dan saya hampir sepenuhnya setuju dengan teori ini. :D (-__- oh ya ingat skli lagi gaya bahasanya jg gaya bahasa dia. hahaha..)

Here U go (sekali lagi Credit diberi untuk Bung Fusyana-Aq tdk mau mnyebutkan nama aslinya disini)

Salah satu ras yang ada di OP, ras manusia bersayap, pertama kali muncul di Skypea Arc. Awalnya aku berpikir kalo ras ini adalah penduduk asli pulau langit, tapi setelah melihat cover story Enel jadi kepikiran bahwa mereka bukan penduduk asli pulau langit, mereka berasal dari bulan.

I. FAIRY VEARTH AND SATELITE OF ONE PIECE’S PLANET

Legenda menyebutkan bahwa ada tanah suci dimana terdapat Vearth yang berlimpah bernama Fairy Vearth, dan ternyata legenda itu bukan hanya sekedar cerita kososng, Fairy Vearth benar benar ada dan tempat itu adalah salah satu bulan/satelite yang mengorbit di dunia OP.

Mengapa aku bilang “salah satu bulan”? Itu karena bulan yang mengorbit di dunia OP tidak hanya satu. Ada 6 buah bulan. Hal ini aku dapat sumbernya dari flashback Robin ketika membahas tentang Ohara. Oharans mempunyai pengetahuan tinggi, mereka berhasil mempelajari Poneglyph, mereka juga telah mempelajari struktur planet OP walaupun tidak diceritakan terang terangan oleh Oda, tapi hal itu bisa dibuktikan dengan adanya miniatur planet OP yang ada di Tree of Knowledge Ohara.

II. MOON’S RACE AND ANCIENT WALL PAINTING OF BILCA
Untuk lebih jelas silakan baca Cover Story Enel’s Great Space Operation, dimulai dari chapter 428 sampai 474
Dari Cover Story tersebut diketahui ada berbagai ras yang menduduki bulan.

Spacey

Pasukan Robot mungil ciptaan penduduk kuno Bilca

Space Pirate

Bajak Laut luar angkasa. Mereka melakukan penambangan di Fairy Vearth, diceritakan juga mereka meledakkan bulan yang menyebabkan kematian salah satu profesor dari Mechanical Island [Karakuri?]. Adanya 6 buah bulan juga sekaligus bisa menjelaskan kenapa anggota Space Pirate terdiri dari berbagai Ras [tidak satu ras saja]. Kemungkinan Space Pirate menjelajah dari satu bulan ke bulan yang lain, merekrut anggota dari beragam ras dan mencuri sumber daya dari bulan lain dengan melakukan penambangan sampai pada akhirnya mereka sampai di Fairy Vearth.

Prasasti Bilca [Cover Story Chapter 470 dan 472]

Ancient Wall Painting 1



Ancient Wall Painting 2

Di reruntuhan kota Bilca di Fairy Vearth terdapat prasasti yang menggambarkan ras manusia bersayap yang sedang bekerja membuat Robot Spacey. Dilihat dari kemiripan yang ada aku yakin ras manusia bersayap yang ada di Prasasti Bilca sama dengan ras manusia bersayap yang ada di Pulau Langit sekarang. Dilihat dari ciri cirinya terdapat 3 jenis ras manusia bersayap.

Bilcans

Bentuk sayapnya melengkung ke bawah, pakaiannya polos dan panjang. Memakai perhiasan yang lumayan “mewah” [gelang gelang dan kalung] tutup kepala juga terlihat paling “mewah” dibanding dua ras lain.
Kemungkinan Bilcans adalah ras dari kaum bangsawan/pemimpin di Fairy Vearth.

Skypeans

Bentuk sayap melengkung ke atas, pakaian pendek dan simple, tidak memakai perhiasan, tutup kepala simple, punya dua antena.
Kemungkinan Skypeans adalah ras dari kaum pekerja di Fairy Vearth, di prasasti pertama terlihat Skypeans berjaga di luar bersama Spacey [membawa tongkat dan berbaris], mereka sepertinya “melindungi” dua ras lain yang sedang bekerja membuat/meneliti Spacey.

Shandians

Bentuk sayap melengkung ke atas, pakaian agak nyentrik, tutup kepala seperti terbuat dari hewan atau semacamnya [ada semacam bentuk mata dan gigi di tutup kepalanya]. Membawa obeng.
Kemungkinan Shandians adalah ras dari para mechanic/semacamnya di Fairy Vearth, dilihat dari obeng yang dia pegang saat membuat/meneliti Spacey.

III. ORIGIN OF SKY PEOPLE
Prasasti Bilca kedua dengan jelas menceritakan manusia bersayap dari bulan pergi ke bumi karena kekurangan sumber daya. Tapi kenapa ras manusia bersayap yang ada di bumi sekarang saling berperang dan seperti tidak saling kenal padahal di masa lalu mereka adalah satu kesatuan. Teori berikut bisa menjelaskannya :

    * Pada dasarnya, dulunya tidak ada manusia yang tinggal di langit, semua manusia bumi hidup di Blue Sea.
    * Dari Fairy Vearth 3 ras tersebut tidak terbang [atau jatuh] ke bumi secara besamaan. Mereka melakukan perjalanan ke bumi dalam 3 rombongan
    * Rombongan pertama adalah ras Bilcans, mereka melakukan perjalanan ke bumi dan mendarat di salah satu pulau di White/White White Sea. Tentu saja pulau tersebut tidak berpenghuni, kemudian Bilcans mulai mendiami pulau tersebut dan memberi nama pulau tersebut pulau Bilca, sesuai nama kota asal mereka di Fairy Vearth.
    * Rombongan kedua adalah ras Skypeans, mereka mendarat di pulau langit lain yang terpisah dengan Bilcans, mereka kemudian mendiami pulau tersebut dan memberi nama pulau tersebut pulau Skypea, kemungkinan kota asal Skypeans di Fairy Vearth bernama Skypea.
    * Bilcans dan Skypeans cukup puas mendiami pulau langit karena mereka tidak tahu bahwa bumi yang “sebenarnya” ada di Blue Sea. Bisa jadi saat itu mereka bahkan tidak mengetahui apa itu Blue Sea.
    * Rombongan ketiga adalah Shandians, rombongan ini satu satunya yang berhasil mencapai bumi yang sebenarnya, mereka tidak tersangkut di pulau langit seperti dua ras lainnya, mereka berhasil mendarat di salah satu pulau di Blue Sea, tepatnya di GrandLine.
    * Karena tiga ras itu terpisah, seiring berjalannya waktu, lama kelamaan, ratusan.. ribuan tahun kemudian mereka mulai melupakan asal mereka. Fairy Vearth, tanah kelahiran mereka pun lama lama berubah menjadi mitos/legenda di kalangan ras manusia bersayap.


IV. SHANDIANS AND ORIGIN OF ROBOT TECHNOLOGY
Shandians adalah ras yang ahli dalam teknologi robot [membuat Spacey di bulan]. Sangat besar kemungkinan mereka mengembangkan pengetahuan mereka di “rumah baru” mereka di Blue Sea. Teori tentang Shandians dan bagaimana teknologi robot masuk ke Blue Sea menurutku berhubungan erat dengan keberadaan Ancient Weapon Poseidon, pertama aku jelasin pandanganku tentang Pluton dulu :

    * Ancient Kingdom adalah penggagas semua Ancient Weapon. Tapi Ancient Kingdom tidak bisa membuat Ancient Weapon sendiri, oleh karena itu mereka bekerja sama dengan orang orang yang punya keahlian tertentu untuk membuat Ancient Weapon.
    * Pluton dibuat oleh penduduk Water 7. Penduduk Water 7 adalah pembuat kapal nomor satu. Pluton diceritakan sebagai sebuah kapal raksasa yang bisa menghancurkan sebuah pulau hanya dengan sebuah tembakan. [Yang ini lupa sumbernya, mungkin ada yang bisa bantu ngingetin sumbernya di chapter berapa]
    * Setelah Void Century, Pluton disembunyikan, petunjuk tentang keberadaannya tersimpan di Arabasta dalam bentuk Poneglyph dan dijaga dari generasi ke generasi. Kenapa Poneglyph diletakkan di Arabasta bukan di Water 7? Anggapan sementara hal itu dilakukan untuk melindungi penduduk Water 7 [pembuat Pluton yang asli].


Kemudian berikut teori tentang Shandians dan asal usul teknologi robot di bumi, akan terlihat kesamaan dengan pola di atas :

    * Dari Fairy Vearth Shandians mendarat di pulau Karakuri.
    * Shandians mengembangkan dan mengajarkan teknologi robot kepada penduduk asli Karakuri. Di kemudian hari Karakuri dikenal sebagai asal teknologi Cyborg.
    * Ancient Kingdom mengetahui tentang Shandians dan teknologi robot, kemudian Ancient Kingdom bekerja sama dengan Shandians untuk membuat Poseidon.
    * Shandians membuat Poseidon menggunakan teknologi robot. Kemungkinan bentuk Ancient Weapon Poseidon adalah sebuah robot canggih dengan teknologi luar biasa.
    * Setelah Void Century, Poseidon disembunyikan, petunjuk keberadaannya tersimpan di Kota Shandora, Jaya, dalam bentuk Poneglyph dan dijaga dari generasi ke generasi. Kenapa disembuyikan di Jaya? Hal itu dilakukan untuk melindungi penduduk Karakuri [pembuat Poseidon yang sebenarnya].


Lalu kalau Shandians mendarat di Karakuri, kenapa ada Shandians di Jaya? Kemungkinan it’s simply because Shandians mengadakan pelayaran untuk meneliti/sekedar ingin mengetahui pulau lain atau musuh Ancient Kingdom mengetahui keberadaan Shandians dan hubungannya dengan Poseidon, lalu mereka memburu Shandians sehingga Shandians terpakasa lari dari Karakuri dan bersembunyi di Pulau Jaya.

V. OTHER TRIVIA THINGS

1. Ancient Wall Painting [Prasasti Bilca] juga mendukung teori bahwa bulan di OP tidak hanya satu.


Prasasti 1


Prasasti 2

Keterangan :
garis merah = menunjukkan bulan tempat tinggal 3 ras manusia bersayap [Fairy Vearth]
garis hijau = menunjukkan mereka tinggap di dalam bulan, bukan di permukaannya [Reruntuhan Bilca juga ada di dalam bulan]
garis kuning = menunjukkan bulan lain yang mengorbit planet OP, bentuk bulan [yang ada di garis kuning] berbeda antara prasasti 1 dan 2

2. Urouge adalah keturunan ras Bilca.
berikut adalah bentuk bentuk sayap dari 3 ras manusia bersayap

Skypeans


Bilcans


Shandians


di Prasasti Bilca sayap Shandians dan Skypeans terlihat sama, namun sebenarnya bulu sayap shandians lebih besar daripada bulu sayap Skypeans, sedangkan dilihat dari bentuk sayapnya, Skypeans dan Shandians sama sama menghadap ke atas, sedangkan Bilcans sayapnya menghadap ke bawah. Dilihat dari bentuk sayap dan ciri ciri di atas, Urouge bisa dipastikan adalah seorang Bilcans

Urouge

End of story. Kyaa~ capek nulis, panjang banget jadinya, semoga ada yang baca lol.

33

33 komentar:

  • Unknown on 6 Desember 2010 pukul 23.41

    Mantap bung teorinya...
    tambah lebih penasaran dan kaguuum sama Oda-san...

    btw mo nanya nih klo Enel tuh masuk ras apa ya?
    katanya kampung halamannya Bilca kan?
    kok Enel yang ga punya sayap?? :) thankssss...

  • Anonim on 7 Desember 2010 pukul 00.13

    credit to fusyana.. Syang dia tdk mncul lagi.. XD
    saran bung, posting2 diskusi member lain ditampilkan jg dong.. Biar jlas dan tdk ada prtnyaan lagi.. :D
    saran jg, sharing di kaskus dan MH.. Tp anda hrus translate dlu... :D

  • Vee on 7 Desember 2010 pukul 01.54

    Bagaimana dgn penduduk merveille yg punya sayap di lengan?

  • RizZT on 7 Desember 2010 pukul 03.18

    ^^.. mnteb theoryx bung fusyana.. XD

  • Tonyohoho on 7 Desember 2010 pukul 11.54

    bung roland_kalau bung fusyana mengatakan Enel dgn suatu cara dan tujuan melepas sayapnya,,

    bung yayat_skli lgi teori ini kayaknya awalnya dri kaskua -__-

    bung vee_Bangsa Merville (okelah qta anggap strong world canon saja) bukan penduduk pulau langit.. simpel bangsa yang memilki keunikan karena atmosfer pulaunya yang aneh

    bung Rizzt_tentu.. :D

  • Prahara M. Sagardi on 8 Desember 2010 pukul 06.20

    mantap bro teori nya
    keren deh bisa membuat teory seperti itu.
    itu kalo yg kakek2 di pulau langit kecil yg nami singgahi apa ya?cuman skumpulan ilmuwan yg tgal di langit atau gimana?hehe

  • Tonyohoho on 10 Desember 2010 pukul 05.10

    bung Praha_Weatheria (Small Sky Island) kyaknya bukan murni pulau langit.. mlhat d situ ada tanah, dan ada gelembung besar yg sprtinya dgunakan untuk mngangkat pulau trsbut k atas... klhatannya mmang tmpat khusus observasi cuaca :D

  • Anonim on 10 Desember 2010 pukul 07.16

    menurutku tempat itu (weatheria) sengaja , atau diangkat dg. teknologi cuaca.. :jadi bukan alami.

  • Samuel Yanuar on 11 Desember 2010 pukul 05.11

    mantep2 baru sempet baca nih....=P ditunggu ya artikel lainnya bung tony....

  • Gomu2 maniak on 11 Desember 2010 pukul 18.51

    Prediksikan ttg SH d masa dpan
    ketika mreka menjadi bajak laut bsar n famous
    apakah akan seperti WB atau Shanks yang punya banyak sekli kru. ? tapi menurutku SH tidak akn merekeut banyak kru, hanya terdiri dari para all star

    sampaikan prediksi ini pada siapa saja n give me answer

  • ahmad l. hidayat on 12 Desember 2010 pukul 21.44

    mantep teorinya, masuk akal.
    ga kepikiran sampai sana ae. keren

  • Anonim on 12 Desember 2010 pukul 23.55

    Kok mirip Kek yang di kaskus ya.?
    yang di forum one piece..
    ~_~.
    tapi nice teori..

  • Tonyohoho on 13 Desember 2010 pukul 04.35

    bung anonim atas_yup,, weatheria tdk terdiri dri awan pulau.. dri situ qta bsa mnyimpulkan

    bung yanuar_oke.. XD d tunggu...

    bung gomu2_hmm... mnurutQ sdkit sja.. tdk akan mmpunyai divisi kyak WB.. hanya sja aliansi mereka akan ada dmana2.. XD

    bung ahmad_siiiip.. XD

    bung anonim bawah_yup.. bung fusyana mngatakan dia mmposting teori ini pling pertama d kaskus.

  • Anonim on 17 Desember 2010 pukul 10.59

    Fusyana here..
    Baru nyadar postku di forum nyampe sini hahaa..
    Err sekedar ngelurusin aja, teori gak sepenuhnya dari aku, ini asalnya dari salah satu diskusi di AMH-OP sekitar 1-2th lalu mungkin, tritnya sendiri keknya udah ilang gara gara regulasi 500 page kaskus. Seingetku dulu ada rokushiki, capayank, tonberry yang ikut diskusi (user lain lupa), yang pertama nemuin klasifikasi berdasarkan bentuk sayap dan penduduk Fairy Vearth yang turun ke bumi mereka.
    Penjelasan tentang kasta penduduk Fairy Vearth, Space Pirate, 6 buah bulan, proser turunnya ras bersayap dari Fairy Vearth, teknologi robot, murni dari aku/penyempurnaan dari teoriku waktu itu.
    tapi karena semua yang ada di atas aku tulis sendiri dari awal, anggap aja "inspirasinya" dari AMH OP :)

  • Tonyohoho on 20 Desember 2010 pukul 18.45

    hoooo... bgtu toh bung fusyana.. XD

  • Shalahuddin on 23 Desember 2010 pukul 05.35

    ada yang mau saya tanyakan bung,,
    sebab-sebab munculnya sayap orand shandia kenapa ya?
    apa karena faktor 'evolusi'?

  • budi on 23 Desember 2010 pukul 16.49

    teori yang mengesankan.. jempol buat bung fusyana

  • v4n_D on 25 Desember 2010 pukul 11.04

    oi jon. . yonkou punya anak ga yA?

  • Unknown on 25 Desember 2010 pukul 18.07

    menurut ane Gan, ada beberapa teori yang rada "maksa", contohnya kenapa penduduk shandian ada di Jaya, ane fikir itu bukanlah suatu bentuk pelarian, tapi ada something yang hanya Tuhan dan Oda yang tahu..heheh

    Tapi nice lah atas teori2 di atas, ane sebagian besar setuju.. (:thumbs:)

  • Fahmi Bintoro on 25 Desember 2010 pukul 18.49

    bukannya wiper keturunan calgara yg manusia bumi, kenapa dia jg punya sayap, apa dikarenakan dulu manusia bumi saling menikah dg penduduk langit?

  • orotniB imhaF on 25 Desember 2010 pukul 22.09

    @Fahmi : sdh d jlaskan d atas, btw calgara memang pya sayap..

  • Anonim on 26 Desember 2010 pukul 02.32

    siapa yg tau download eisode2 baru onepiece??? tapi formatnya 3gp??
    please aku gila one piece

    yg tau tolong kirim pesan ke fb gw
    sae_chypietboy@yahoo.com (fb gw)

  • Tonyohoho on 31 Desember 2010 pukul 00.10

    Wah lagi2 rame.. -__- saat aq tdk Online

  • Arghadinata on 3 Januari 2011 pukul 01.09

    gan di wall painting yang kedua ane cukup terganjal dengan robot dengan penduduk skypian, bilcan dan shandian mereka pada menangis
    kenapa ya. . ??

    kalo ane beranggapan bahwa para robot menangis karena di tinggal penduduk vairy vearth yang turun ke blues sea. . patokan ane adalah matahari di wall painting 1 sama yang kedua beda . . dan di wall painting ke 2 di pojok kanan ada hewan yang di blues sea . .!!

    kalo agan gimana . .??

  • Arghadinata on 3 Januari 2011 pukul 01.13

    @fahmi : di atas uda ada penjelasan bahwa dari ketiga suku di atas suku shandian lah bisa turun ke bumi, yang menempat di pulau karakuri, (tempat kelahiran dr. Vega punk)
    hehehe maaf jika ada yang salah kata :D

  • Tonyohoho on 3 Januari 2011 pukul 01.41

    arghan_mksudnya?? -__- iya mmang gitu kan... trus???

  • Anonim on 9 Januari 2011 pukul 02.00

    keren nih,,,nice post!!

  • vendra on 16 Mei 2011 pukul 15.09

    keren2 postingannya..
    Cuma klo menurutku ancient weapon blm sampai selesai dubuat..
    krn klo emang udah selesai dibuat, harusnya ancient kingdom bisa mengalahkan musuh2nya dg mudah..

  • Anonim on 20 Mei 2011 pukul 22.20

    wow keren....

  • Nomz on 15 Januari 2012 pukul 18.26

    kalo poseidon udah keungkap.. tinggal pluton.. kaya nya yang dibuat itu pluton deh

  • Indra Herdiana on 10 Desember 2012 pukul 22.49

    teorinya udh trbntahkan 1. Poseidon itu bkn robot, tpi putri dyung yg bsa brbcra dan mngndalikan monster laut. Klau di timeline skrng nmanya Shirahoshi.

  • Anonim on 20 Maret 2018 pukul 23.42

    jago ni yang nemu teorinya sampai kepikir kesitu, eamang admin kuliah di fakultas sejarah one piece ya? sampe ke pikir sampai kesit....sugoiii

  • Posting Komentar

    CHECK JUGA! 10 ARTIKEL FAVORIT BULAN INI

    AQ MEMBUAT BLOG INI HANYA AGAR KALIAN LEBIH MENCINTAI ONE PIECE

    Tentang Penulis

    Foto saya
    Blogger manga/comic iseng. Komikus seadanya. Ilustrator amatiran. Pesuruh di sebuah Perusahaan BUMN.

    7 Post Terbaru

    Artikel Unik

    Komentar Terakhir